Popular Posts

Friday, December 26, 2008

Batik Trusmi Diserbu Pembeli Luar Kota

Sentra batik tradisional khas Cirebon, Trusmi, selama liburan natal dan menjelang tahun baru nampak ramai. Sejumlah kendaraan bernomor polisi Jakarta, Bandung atau luar kota lainnya nampak parkir di rumah-rumah atau showroom yang menjual kain batik.

Seorang pengunjung dari Jakarta, Shanti mengatakan, sengaja mampir ke Trusmi untuk membeli kain batik sebagai oleh-oleh setelah berlibur di Cirebon.

"Kalau ke Cirebon tidak beli batik Trusmi rasanya ada yang kurang," katanya yang datang beserta rombongan keluarga dengan kednaraan pribadi.

Sementara itu sejumlah pengunjung nampak asyik melihat dan memilih kain batik di show room batik seperti batik Gunung Jati atau Batik Nova dan Batik Katura.

Di sentra Batik Katura bahkan nampak seorang konsumen dari Jepang sedang memilih corak batik khas Cirebon seperti mega mendung dan motif binatang.

"Di Jepang juga sudah ada batik, tapi disini batiknya halus dan more beautiful," katanya dengan bahasa Indonesia terpatah-patah.

Diakui penjaga toko batik di Trusmi, pada liburan natal dan jelang tahun baru tahun ini penjualan batik naik sekitar 25% - 30%.

No comments:

Post a Comment