Popular Posts

Thursday, February 12, 2009

Stok Pupuk Jabar Tahun 2009 Aman

CIREBON : PT Pupuk Kudjang menjamin ketersediaan pupuk untuk wilayah Jabar akan terpenuhi hingga akhir tahun 2009 mendatang.

Manager Komunikasi PT Pupuk Kudjang Arifin mengatakan kebutuhan akan pupuk baik jenis Urea atau NPK di wilayah Jawa Barat pada tahun 2009 adalah sebesar 716.000 ton dan dengan kapasitas produksi yang dimiliki dari dua pabrik di Cikampek, PT Pupuk Kujang menjamin ketersediaannya.

"Kapasitas produksi dari dua pabrik di Cikampek yaitu A dan B mencapai 1,15 juta ton , sementara rencana produksi kami sekitar 990.000 ton. Dengan rencana tersebut maka kebutuhan pupuk di Jabar akan dapat tercukupi," katanya saat berkunjung ke Cirebon.

Dia menambahkan dari kebutuhan yang sudah ditetapkan untuk Jabar sebanyak 716.000 ton tersebut kemungkinan akan ditambah jika bencana banjir akan mengganggu tanaman. Namun penambahan tersebut harus mendapatkan persetujuan dari Manteri Pertanian karena pupuk yang disalurkan merupakan pupuk subsidi.

Biasanya, kata dia, penambahan tersebut baru akan direalisasikan menjelang akhir tahun karena pemerintah mengambil kebijakan untuk menghabiskan stok yang ada terlebih dulu.

Selain itu, pihaknya juga sudah mengantisipasi kemungkinan rembesan alokasi pupuk terutama didaerah perbatasan antara Jabar dan Jateng khususnya didaerah Losari.

"Kami sudah berkoordinasi dengan aparat kepolisian untuk menindak tegas pelaku atau distributor yang menyalurkan pupuk diluar wilayah semestinya."

Arifin menambahkan bahan baku untuk memproduksi sebanyak 990.000 ton pupuk juga tidak ada masalah.

Pabrik B yang dibangun sejak tahun 2006 sudah mengikat kontrak dengan PT Pertamina untuk memasok kebutuhan gas hingga tahun 2011 sementara untuk pabrik A, kontrak kerjasama pasokan gas sudah dilakukan hingga tahun 2017.

"Kami sudah tidak khawatir dengan pasokan bahan baku terutama dengan kebutuhan gas."

Sementara itu Kordinator Distribusi PT Pupuk Kudjang Wilayah Jabar dan Jateng Dadeng Suhendra mengatakan di gudang penyimpanan Kedawung Kabupaten Cirebon saat ini tersedia stok pupuk urea sebanyak 5.122 ton dan pupuk organik sebanyak 200 ton.

"Ada dua gudang penyimpanan di Cirebon , satu di Kedawung satu lagi di Kalijaga. Stok sementara cukup untuk persediaan masa tanam awal tahun ini," katanya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon Ali Efendi mengatakan kebutuhan pupuk baik itu Urea atau NPK di wilayah Kabupaten Cirebon tahun 2009 diperkirakan mencapai 42.000 ton.

"Sementara ini untuk musim tanam pertama awal tahun kebutuhannya sudah mencukupi, hanya saja saya khawatir kebutuhannya akan naik karena kemungkinan akan ada lahan yang gagal panen," katanya.

Dia mengatakan kebutuhan pupuk urea masih cukup banyak sementara kekurangan dalam persediaan pupuk jenis NPK.

No comments:

Post a Comment