Popular Posts

Wednesday, February 11, 2009

Penjualan Mobil Cirebon Bakal Turun 30%

Penjualan kendaraan tahun 2009 ini untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya diprediksi akan turun hingga 30% dibandingkan tahun 2008, namun untuk kendaraan jenis penumpang kelas sedang penjualannya tetap akan stabil.

Kepala Cabang ACC Cirebon -grup pembiayaan Astra- Bertoni Probo mengatakan turunnya penjualan dikarenakan industri otomotif sangat tergantung dari kemudahan pihak perbankan dalam menyalurkan dana kredit kendaraan.

"Kita sama-sama tahu kalau perbankan masih ketat, krisis global masih terasa pada tahun ini dan akan mempengaruhi bisnis otomotif. Hal lain adalah turunnya daya beli," katanya kepada Bisnis,kemarin.

Probo menambahkan meski diprediksi penjualan kendaraan akan turun hingga 30% namun lebih didominasi oleh kendaraan niaga. Hal itu terjadi karena diperkirakan akan banyak pengusaha yang menahan diri untuk menambah armada kendaraan seperti pikup dan truk.

Sementara itu, tambahnya, untuk kendaraan jenis penumpang atau kendaraan pribadi penjualannya masih akan tetap bagus khusunya untuk kendaraan kelas menengah dengan harga berkisar antara Rp100juta hingga Rp150 juta.

Probo mengatakan saat ini masyarakat sudah semakin pandai dalam memilih kendaraan dan ditambah krisis global mereka lebih memilih kendaraan murah namun memiliki multi fungsi.

"Saya perkirakan kendaraan yang akan tetap diminati antara lain xenia, avansa atau jenis mini bus," ujar dia.

Dia menambahkan konsumen tidak akan beralih ke kendaraan sekunder atau bekas karena selain stok kendaraan bekas sulit didapat juga masih banyak kendaraan baru yang harganya masih terjangkau.

Sementara itu Kepala Cabang Daihatsu Cirebon Maryadi A.T mengatakan sampai akhir tahun 2008 berhasil menjual 790 unit mobil dengan perbandingan 40% xenia, 40% grandmax dan sisanya Terios/ Sirion.

"Daihatsu berhasil mencapai 11,66% dari total penjualan kendaraan baru selama tahun 2008 yang jumlah totalnya mencapai 6.754 unit," katanya.

Maryadi menambahkan total penjualannya itu berhasil menaikan posisi market Daihatsu Cirebon menjadi peringkat ketiga. Peringkat pertama Toyota dangat market sebesar 31,97% dan urutan kedua Mitsubishi sebesar 25,38 %.

Dia mengatakan tahun 2009 kemungkinan penjualan akan tetap sama dengan tahun 2008 karena jenis kendaraan yang dijual yaitu kelas sedang diprediksi masih akan bagus. "Kami tetap mengandalakn xenia dan gran max,".

Dia mengatakan tahun 2009 akan mampu merebut pasar hingga menempati posisi kedua dibawah Toyota. Alasannya, pesaingnya yaitu Mitsybishi kemungkinan penjualannya akan terus turun.

"Seperti prediksi sebelumnya, kendaraan komersil akan turun tahun ini, dan Mitsubishi kemungkinan besar akan terpengaruh karena memosisikan diri untuk menjual truk atau pikup." katanya.

No comments:

Post a Comment